daily tips

Cara Belajar Yang Menyenangkan

Belajar merupakan kegiatan yang rata-rata tidak disukai oleh para pelajar. Padahal tugas utama seorang pelajar adalah belajar. Belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Belajar tidak harus dengan buku, tetapi dari pengalaman kita bisa belajar

Belajar jadi hal yang sangat malas dilakukan sebab membosankan dan sering kali membuat pusing. Padahal banyak loh manfaat belajar. Selain menambah ilmu dan mendapat pahala, belajar juga bisa meningkatkan kinerja otak kita.

Nah berikut ini adalah tips agar belajar kamu jadi lebih mudah dan menyenangkan:

1. Buat suasana nyaman

Ini penting sebab bisa memengaruhi mood dan feel kamu loh. Belajar di alam terbuka hijau, atau ruangan yang bersih dengan pencahayaan yang bagus serta sirkulasi udara yang lancar dapat membuat tubuh kita rileks dan merasa nyaman untuk belajar. Jika mendengarkan musik bisa membuatmu nyaman, maka lakukanlah. Apapun itu, yang terpenting kamu nyaman untuk belajar.

2. Niatkan diri untuk belajar

Setelah merasa nyaman dengan suasana, kamu harus niatkan dirimu untuk belajar agar kamu ikhlas melakukannya. Apabila kamu ikhlas, maka segala sesuatunya akan terasa mudah dan gampang kita kuasai.

3. Mulailah dari hal yang mudah

Jika belajar, mulai dari sesuatu yang mudah dulu. Saat kamu sudah menguasai itu, maka tingkatkan pada level sedang. Begitu seterusnya hingga level sulit. Jika kamu bisa menguasai setiap level tersebut, maka tak ada kesulitan lagi dalam mengerjakan soal.

4. Jangan terpaku pada materi, cobalah buat materimu sendiri

Terkadang kita hanya menerima apa yang ada dalam buku dengan segala bahasa bakunya yang terkadang sulit dipahami. Sebenarnya kita bisa membuat itu menjadi mudah dengan membuat materi yang sama versi dirimu. Namun tetap, materi di buku harus jadi landasan materi buatanmu.

5. Jika sudah lelah, jangan paksakan dirimu. Berhenti belajar dan segarkan pikiranmu

Sama halnya dengan mesin, otak manusia juga butuh istirahat. Bermain game, menonton film, atau tiduran sambil mendengarkan musik adalah beberapa cara untuk menyegarkan pikiranmu dan mempersiapkan diri untuk belajar lagi esok hari.

Itu dia beberapa tips belajar yang menyenangkan versi Me'nTing. Semoga bermanfaat

Komentar

  1. Siiip. Makasih tipsnya Kak Siti๐Ÿ™ walau udah lama lulus, tapi tetep harus belajar hingga akhir nan abadi kan ya?๐Ÿ˜

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Singkat

daily tips