daily tips

Gerakan Kecil untuk Menyelamatkan Bumi Kita
Tips Mengurangi Sampah Plastik

Hallo semua! Kembali lagi diblog ku. Kali ini kita akan membahas tentang sampah. Apa itu sampah?
Sampah adalah sisa hasil dari kegiatan manusia yang sudah tidak bisa digunakan kembali. Sampah terbagi menjadi dua yaitu, sampah organik atau sampah yang bisa diuraikan dan sampah anorganik atau sampah yang tidak bisa diuraikan.

Sekarang ini, sampah menjadi momok menyeramkan bagi kita dan permasalahan tentang sampah bukan jadi hal yang mengherankan lagi. Bumi yang kita huni, yang memberikan kita banyak manfaat justru tak dapat balas kasih dari manusia yang memanfaatkannya. Setiap hari, manusia mengeruk hasil bumi dan memberi makanan bumi berupa sampah. Alhasil, bumi menjadi sakit sehingga menimbulkan banyak sekali bencana alam.

Untuk itu perlu adanya kesadaran untuk sama-sama menjaga, merawat, dan memelihara bumi yang kita cintai ini. Jika tidak, bencana yang terjadi akan semakin parah dan lambat laun membuat bumi kita hancur.

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga dan merawat bumi kita khususnya dari sampah plastik. Mulai dari melakukan gerakan 3R (Reduce, Reuse, Recycle), atau dengan cara lainnya.

Berikut beberapa cara sederhana untuk mengurangi sampah plastik:

1. Menggunakan botol minum dan tempat makan yang dapat digunakan kembali

Untuk kalian yang sehari-hari sekolah, kuliah, atau kerja, yuk bawa minum dan bekal sendiri dari rumah! Selain lebih sehat dan hemat, dapat mengurangi pemakaian sampah dari botol kemasan sekali pakai, plastik kemasan makanan dan sterofoam.

2. Menggunakan sendotan stainless atau bambu

Walaupun sedotan plastik itu barang kecil, jika digunakan dalam jumlah besar bisa jadi sampah yang menumpuk loh! Untuk itu, beralihlah menggunakan sedotan yang bisa digunakan kembali. Harga sedotan stainless atau bambu sangat terjangkau dan dapat dipakai dalam jangka waktu lama, jadi bisa menghemat pengeluaran.

3. Membawa tas belanja sendiri saat berbelanja di super atau minimarket dan pasar

Dengan membawa tas belanja sendiri, dapat mengurangi penggunaan kantong plastik. Gunakan tas yang berbahan tebal dan kuat agar bisa membawa banyak barang belanjaan. Tas tersebut bisa digunakan berkali-kali untuk kamu belanja.

4. Gunakan produk-produk ramah lingkungan

Produk ramah lingkungan ini adalah produk yang kemasannya bisa diurai atau bisa digunakan kembali. Seperti bungkus kertas, daun atau bungkus tas kain yang bisa digunakan kembali tas pembungkusnya.

Itu dia sedikit tips untuk mengurangi sampah plastik. Ayo mulai hidup mu dengan sama-sama menjadi generasi cerdas peduli lingkungan karena bumi mu adalah rumahmu dan bagian dari dirimu.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

daily tips

Cerita Singkat